Pages

Wednesday, September 16, 2009

Mitos seputar kehamilan! Bener ga seyh??


Hidup di negeri Indonesia tercinta khususnya di Jawa memang dikelilingi banyak mitos, bahkan ga cuman banyak tapi banyak banget. Nah gw lagi pengen ngomongin mitos seputar kehamilan coz di kantor gw ada ibu hamil yang aga riweuh ma kehamilan pertamanya hehe... piss bu! so gw browsing seputar mitos kehamilan karena gw penasaran niyh... masa katanya orang hamil ga boleh potong rambut, ga boleh makan udang dsb! yang jelas siy kalo kata gw... orang hamil dilarang salto and dilarang jalan-jalan di JALAN TOL hehe selain membahayakan bayi dalam kandungan juga membahayakan nyawa sendiri kaleee... ^_^

nah daripada anda dibikin bingung sma banyaknya mitos yang kadang suka gak masuk akal mendingan langsung aja kita simak yang berikut ini ya:(hmmmm bahasanya kek lagi siaran aja neyh...)
Beberapa Mitos Kehamilan dan Fakta:

BEBERAPA MITOS KEHAMILAN & FAKTA:

- Tidak boleh memotong atau menjahit baju.

Mitos: Tidak boleh memotong atau menjahit baju selama kehamilan atau anak akan lahir dengan bibir sumbing.

Fakta: Bibir sumbing biasanya karena pengaruh obat-obatan yang diminum ibu saat hamil, efek radiasi atau factor genetic. Oleh karenanya x-ray tidak dilakukan selama kehamilan kecuali atas indikasi tertentu.

- Minuman dari kacang kedeai (susu kacang) akan membuat kulit bayi bewarna putih.

Mitos: minum susu kacang atau makanan dari kacang kedelai akan membuat bayi berkulit putih.

Fakta: warna kulit seseorang dipengaruhi oleh factor genetic ayah – ibunya, bukan dari susu kedelai.

- Jeruk akan meningkatkan lendir pada bayi dan resiko kuning pada bayi baru lahir.

Mitos: Jangan makan jeruk terlalu sering akan meningkatkan lendir pada paru bayi dan resiko kuning saat bayi lahir.

Fakta: Jeruk adalah sumber vitamin C dan serat yang baik.

- Minum air es akan menyebabkan bayi besar.

Mitos: Sering minum es saat hamil menyebabkan bayi besar dan akan sulit lahir.

Fakta: Bayi besar biasanya berhubungan dengan ibu hamil yang mempunyai penyakit kencing manis. Jadi mungkin es ini diminum oleh ibu hamil yang memang dengan riwayat penyakit kencing manis. Jadi bukan minum es lalu menyebabkan bayi besar karena air es akan dikeluarkan oleh tubuh sebagai keringat atau air seni.

- Makanan pedas akan menyebabkan bayi lahir dengan bercak kulit kemerahan atau berkulit lebih gelap.

Mitos: Makan makanan pedas saat hamil akan menyebabkan bayi lahir dengan bercak kulit kemerahan atau bayi akan berkulit lebih gelap/hitam.

Fakta: Sekali lagi warna kulit seseorang tidak ditentukan oleh makanan pedas, tapi factor genetic dari orang tuanya. Dan faktanya bahwa makan makanan pedas saat hamil, membuat rasa tak enak diperut apalagi bila anda sedang mual, jadi bukan karena menyebabkan bercak kemerahan pada kulit.


Banyak lagi mitos kehamilan lainnya yang terdapat dalam masyarakat kita. Ketika anda sedang hamil dan mendapatkan berbagai nasehat atau pantangan, ingatlah untuk selalu mendapatkan fakta dan kebenaran secara medis atau ilmiahnya. Anda dapat bertanya kepada dokter anda untuk memastikannya sebelum anda hanya sekedar mengikutinya saja 

© Dr. Suririnah- www.infoibu.com

nah jadi lebih tau alasan ilmiahnya kan??? gak asal aja dilarang ii itu tanpa alasan gak jelas! jadi tar kalo lo hamil and mertua lo ngelarang ini itu and kira0kira alasannya ga masuk akal... ya cuekin aja hehehe jadilah menantu yang kritis dan bikin mertua sebel. (haduh kalo postingan gw ampe dibaca calon mertua bisa kiamat neyh hidup gw wakakakaka.... tapi tenang aja secara gw blom ada camer ko!)

No comments:

Post a Comment

Monggo kalau mau komentar