Pages

Sunday, January 20, 2013

Banjir Jakarta, Salah Siapa?




Banjir 5 tahunan? Udah macam Pemilu ya 5 tahun sekali. Dari dulu saya Cuma tahu tentang banjir Jakarta ya tayangan TV atau baca Koran atau di internet. Tapi tahun ini saya benar-benar melihat langsung Bencana 5 tahunan ini. Bagaimana air mengepung sebagian kota Jakarta. Apakah banjir ini akan terus menerus menjadi sebuah kelumrahan 5 tahunan?

Saya yang bukan warga Jakarta dan tinggal di daerah yang Ahamdulillah tidak terkena banjir pun turut prihatin dengan bencana ini, bencana yang tidak hanya nyaris melumpuhkan sebagian perekonomian kota ini namun juga memakan korban jiwa :(

Jumat malam lalu saya mengunjungi daerah yang terendam banjir, saya dan seorang teman saya naik  motor menuju ke daerah Karet, dan menengok langsung daerah yang terkena banjir. Kami juga melihat tempat pengungsian dan dapur umum disana sambil mendata apa saja yang mereka butuhkan di pengungsian.  

Keesokan harinya, kami menyerahkan bantuan dari DPR-RI ke beberapa titik banjir. Kebetulan saya dan teman saya ikut langsung ke salah satu lokasi banjir, di daerah Jakarta Utara. Saat kami kesana, tinggi air masih sepinggang orang  dewasa.  Pemandangan yang buat saya sangat menyedihkan :(








Haruskah warga Jakarta selalu merasakan hal yang sama saat musim hujan tiba? Aduh jangan dong kasihan Jadi yang harus kita pikirkan sekarang adalah bagaimana agar meminimalkan banjir kalau musim hujan tiba. Ini PR bersama, bukan hanya Pemerintah saja, tapi warga bersama pemerintah bergerak bersama demi sebuah perubahan. Mulai dari hal yang kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai saat ini juga :)


3 comments:

  1. disiplin warganya itu harus nomor satu!

    ReplyDelete
  2. nda jadi komen ah,udh nulis panjang2 malah ngilang komen nya

    ReplyDelete
  3. eh jadi....udah nongol komen nya...intinya generasi penerus bangsa ini mulai dari yg masih ingusan, harus diajarkan masalah disiplin sejak dini dan diberi pendidikan moral yang cukup untuk keberlangsungan jakarta tanpa banjir beberapa puluh tahun mendatang (kira2 itu yg paling cepet),disiplin menjaga lingkungan dan mencintai keindahan,pemerintah juga harus berperan aktif dalam penyuluhan secara kontinyu tentang bahaya banjir dan hal-hal apa saja yg hrs dilakukan untuk mencegah banjir.

    ReplyDelete

Monggo kalau mau komentar