Pages

Monday, January 21, 2013

Buanglah 'Sampah' pada Tempatnya!

Sekarang ini Jamannya serba  Socia Media, dan jamannya orang bebas berpendapat, dan opini kita bisa dibaca banyak orang. Jadi bebas yang bagaimana sih? Yang bisa asal nyemlong seenaknya?  Buat saya sih, saya masih mengikuti slogan kuno ‘ Bebas tapi Sopan’. Memang kuno ya slogan itu, tapi toh nyatanya kita ini hidup bermasyarakat jadi bersosialisasi adalah salah satu kebutuhan dalam hidup bermasyarakat bukan?
bijaksanalah anda ketika beropini terlebih jika di forum publik, atau menulis status di social media anda, meskipun mungkin anda akan dengan enteng berkata ‘lah terserah gw ini kan FB gw, ini twitter gw, gw mau nulis apaan aja ya bebas’.   
Bener banget itu FB, twitter dan apalah itu milik anda, tapi kenyataanya kan yang membaca tidak hanya anda. Apalagi ketika anda mengomentari status dan akhirnya saling berkomentar dengan orang yang tidak anda kenal, salah bahasa sedikit saja bisa jadi salah paham loh. 

Dulupun saya hobi nyampah di FB maupun di twitter, sekarang sudah mulai berkurang, karena sampah itu ya tempatnya di tempat sampah bukan di social media yang bisa jadi konsumsi publik. Kalaupun memang 'gatal' sekali ingin ‘nyampah’ , menyampahlah dengan bahasa yang dewasa, bahasa kiasan, ya begitulah … ah tapi memang lebih baik tidak menyampah :)

Saya pun masih banyak belajar kok, dan terus belajar supaya menjadi manusia yang lebih ‘sadar diri ‘. Nah ntuk mengatasi rasa ingin nyampah yang tidak terbendung biasanya saya tulis di twitter, kemudian saya discard, saya tulis lagi kemudian saya hapus lagi, terus begitu sampai akhirnya rasa ‘sebel’ nya hilang.   
Atau cara lain adalah saya menulis di notepad di laptop, sudah banyak sekali tulisan-tulisan saya yang cuma saya konsumsi sendiri saja, at least ‘sampah’ terbuang tapi orang lain nggak perlu melihat dan tahu ‘sampah’ saya.  

Jadi lebih baik jika lebih arif dan berhati-hati ketika kita menulis sesuatu yang sekiranya akan dikonsumsi oleh banyak orang  kan?

ps: gambar diambil dari sini

3 comments:

  1. ini tulisan cerdas, dan anehnya saya banyak punya sampah yg seharusnya saya buang eh tapi ada baiknya di daur ulang aja, sapa tau sampahnya jadi berguna :p

    ReplyDelete
  2. aih saya punya pengkomen yang setia di blog saya ... wooo betul itu sampahnya didaur ulang om, nanti hasil jual sampah daur ulang buat beli iphone 5 trus buat saya deh :D


    *disampluk*

    ReplyDelete
  3. cerdas juga idenya, ide yg sudah lama dinasehatkan kepada saya tapi ndilalah karna saya agak kurang pinter berbahasa, makanya saya agak enggan menulis....tp bolehlah itu...kapan2 bisa diamalkan sesuai P4 ya maaak

    ReplyDelete

Monggo kalau mau komentar