Pages

Tuesday, May 28, 2013

Toleransi Umat Beragama, masihkah ada?!?

Semalam saya beneran berkicau di twitter, gegara melihat sebuah gambar tentang penolakan sekelompok orang atas pembangunan sebuah gereja. Kasus penolakan pembangunan gereja sebenarnya bukan kali pertama ini saja, mereka, umat Kristiani sangat sering diperlakukan 'tidak adil' seperti ini. Mungkin bukan hanya umat Kristiani ya ... mungkin.
Belum lagi kasus pembongkaran gereja, penyegelan paksa rumah-rumah yang dijadikan tempat ibadah mereka.

Negara ini sungguh lucu, kebebasan memeluk agama dan menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing bukankah diatur dalam Undang- Undang ? bukankah Indonesia juga mengakui adanya 5 Agama? lalu kenapa mereka diperlakukan tidak adil?

Mereka hanya ingin melakukan ibadah bersama, namun tempat ibadah saja mereka tak punya, ketika mereka ingin membangun tempat ibadah, untuk mengantongi ijinnya saja sulit, mereka biasanya di ping pong kesana kemari, seperti kasus ini.
Bayangkan, itu hanya ijin, mereka bahkan tidak meminta sumbangan untuk membangun Rumah Ibadah mereka, apa jadinya ketika mereka meminta-minta sumbangan untuk pembangunan rumah ibadah mereka?

Dimana toleransi yang sering digembor-gemborkan itu? Bapak Presiden yang terhormat yang memperoleh penghargaan World Statesman Award dari organisasi nirlaba Appeal of Conscience Foundation (ACF), mengapa begitu banyak peristiwa yang mengabaikan toleransi di negeri ini?

Ah, sudahlah ... saya rasa Toleransi umat beragama itu hanya sebuah kalimat yang sering dijumpai dalam pelajaran PPKn yang dipelajari waktu SD sampai SMA dulu.



No comments:

Post a Comment

Monggo kalau mau komentar